Mengenal Kasur Busa Rebonded beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Posted on

Kasur busa rebonded adalah salah satu jenis furniture yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan rileks. Tidur memang menjadi kebutuhan yang penting bagi tubuh setelah melewati hari yang panjang dan sibuk. Dengan kasur yang tepat maka tidur Anda akan berkualitas serta merasa segar kembali setelah bangun. Namun jika Anda menggunakan kasur yang salah dan tidak cocok maka selama tidur pastinya Anda merasa tidak nyaman bahkan merasa sakit saat bangun.

Mengenal Kasur Busa Rebonded beserta Kelebihan dan Kekurangannya
unsplash.com

Kelebihan dan Kekurangan Kasur Busa Rebonded

Jika Anda mulai merasa bahwa kasur yang Anda gunakan tidak nyaman maka Anda bisa mulai mengganti kasur. Salah satu jenis kasur yang bisa Anda gunakan yaitu busa rebonded. Jenis kasur ini terdiri atas busa poliuretan bekas atau PUF yang juga disebut sebagai busa rebonded. Potongan PUF disatukan di bawah tekanan yang tinggi untuk membentuk bahan yang keras.

Bahan inilah yang selanjutnya digunakan untuk kasur sebagai lapisan dasar yang menjaga bentuk kasur dalam jangka waktu yang panjang. Karena bahan yang digunakan merupakan bahan sisa maka tak heran jika kasur ini jarang memiliki warna bercampur dan berbeda-beda serta jarang yang senada.

Dalam beberapa tahun terakhir, kasur busa rebonded mendapatkan popularitas karena kemampuannya yaitu memberikan fitur penyangga punggung yang baik. Kasur ini juga memberikan dukungan ekstra untuk punggung dan bahu serta memberikan manfaat lainnya untuk kesehatan badan. Salah satunya yaitu terbukti bermanfaat untuk orang-orang yang memiliki sakit punggung parah.

Hal ini karena kasur tidak kempes di bagian tengah sehingga memberikan dukungan pada tubuh dan menjaga tulang belakang dalam bentuk aslinya. Kasur ini juga benar-benar merilekskan punggung sehingga cocok untuk orang-orang yang menghabiskan waktu lama duduk di komputer karena memberikan penyangga tambahan pada leher dan bahu sehingga mampu melepaskan ketegangan otot. Selain itu karena lapisan dasarnya terbuat dari bahan yang keras sehingga kasur tidak akan kempes.

Kelebihan Busa Rebonded

Kasur busa rebonded memiliki kelebihan dibandingkan dengan busa biasa. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

  • Kasur dari busa ini memiliki densitas yang tinggi yaitu mulai dari 40 sampai 90.
  • Memiliki tingkat kekenyalan tinggi sehingga masuk dalam hard level sebagai kasur busa. Saat ditekan pun kasur tidak akan kehilangan bentuknya.
  • Sangat baik untuk menopang tubuh. Oleh karena itu, dianjurkan sebagai kasur kesehatan tulang.
  • Tidak mudah terkoyak, rusak dan kemungkinan mengendurnya juga lebih kecil. Dengan begini maka kasur lebih awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang.
  • Badan pemakainya tidak akan mudah tergelincir meskipun berada di tepi kasur. Karena itu Anda tidak perlu khawatir tiba-tiba terjatuh saat tertidur.
  • Biasanya pabrik akan memberikan garansi after sale yang lumayan lama untuk pembelinya.

Kekurangan Busa Rebonded

Selain memiliki berbagai kelebihan, kasur ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya:

  • Lebih keras daripada kasur busa biasa, bahkan yang hard level sekalipun.
  • Lebih keras daripada busa biasa sehingga akan lebih repot jika hendak memindahkannya, apalagi seorang diri.
  • Biasanya kasur dengan busa ini membutuhkan aksesoris tambahan seperti plushtop agar lebih nyaman saat digunakan.
  • Harga yang dibanderol biasanya cukup mahal.
  • Kasur ini tidak vacumable, maka tidak praktis apabila dipindahkan. Tentu ini berbeda dengan busa biasa (bisa divakum).

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan kasur busa rebonded ini maka tentunya Anda bisa menentukan untuk menggunakannya atau tidak.