Tips Memilih Kasur Busa Single Untuk Mendapatkan Kasur yang Pas!

Posted on

Banyak orang yang memilih menggunakan kasur busa single untuk mengisi ruangan kamar dibandingkan dengan kasur ukuran lainnya. Kasur ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada ukuran lainnya seperti double, queen atau king. Karena itu kasur single ini sering menjadi pilihan bagi orang yang memiliki ruangan kamar terbatas.

Tips Memilih Kasur Busa Single Untuk Mendapatkan Kasur yang Pas!
unsplash.com

Tips Memilih Kasur Busa Single

Kasur single yang terbuat dari busa menjadi pilihan yang banyak digunakan oleh orang-orang. Hal ini karena harganya yang cukup murah serta awet dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Akan tetapi beberapa produk kasur busa ini akan terasa panas saat digunakan dalam waktu yang lama.

Selain itu kasur ini juga mudah kendur saat mendapatkan tekanan yang besar secara terus-menerus. Meskipun begitu, kasur ini tetap menjadi salah satu jenis kasur yang menjadi favorit banyak orang. Apalagi bobotnya yang ringan sehingga mudah ketika akan memindahkannya.

Nah, jika hendak membeli kasur busa single terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

Pilih Tingkat Keempukkan

Tips pertama yaitu pilihlah kasur berdasarkan tingkat keempukkan yang Anda butuhkan. Setidaknya terdapat 3 tingkat yang bisa Anda pilih. Pertama soft yang cocok untuk tidur menyamping karena membuat bahu dan pinggul tenggelam dalam kasur sehingga tekanannya tidak terlalu besar.

Kemudian terdapat medium yang sering menjadi pilihan bagi banyak orang. Keempukan medium dirancang untuk berbagai posisi tidur dan juga untuk menangani semua ukuran tubuh. Tingkat keempukan yang ketiga yaitu Firm yang cocok untuk tidur terlentang. Kasur ini mampu menjaga tulang punggung agar tetap lurus dan mampu meningkatkan sirkulasi oksigen.

Cari Tahu Bagian Atasnya Terdapat Lapisan atau Tidak

Beberapa produsen kasur memberikan lapisan tambahan seperti pillow top atau plush top pada bagian atas kasur. Kedua lapisan tersebut mampu memberikan kenyamanan tambahan saat tidur. Kasur yang memiliki pillow top biasanya memiliki jahitan tambahan karena pemasangannya di atas kain penutup kasur. Sementara itu plush top pemasangannya di dalam kasur sehingga tidak ada garis pembatas.

Pilih Ukuran yang Sesuai dengan Kebutuhan

Kasur busa single tentunya juga memiliki ukuran yang berbeda-beda. Karena itu Anda bisa menyesuaikan baik panjang maupun lebar kasur. Ukuran paling umum kasur single yaitu 90 x 200 cm dan 100 x 200 cm. Sementara itu kasur single untuk anak-anak biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu sekitar 75 x 190 cm hingga 60 x 120 cm untuk bayi.

Kemudian pilihlah ketebalan kasur sesuai dengan keinginan Anda. Kasur dengan ketebalan di bawah 20 cm termasuk kasur tips. Sedangkan kasur dengan ketebalan 20-30 cm termasuk sedang dan kasur dengan ketebalan lebih dari 30 cm termasuk tebal. Untuk menentukannya Anda juga bisa memperhatikan berat badan serta ketinggian tempat tidur.

Misal jika berat badan 100 kg ke bawah maka gunakan kasur dengan ketebalan sedang dan jika berat badan 100 kg ke atas maka pilih kasur yang tebal. Kemudian jika tempat tidur Anda sudah tinggi maka tak perlu menggunakan kasur yang terlalu tebal agar nantinya kaki tetap bisa menapak ke lantai saat duduk.

Selain menentukan ukuran kasur Anda juga harus menyesuaikannya dengan ruangan yang akan diisi kasur single. Kasur ini biasanya digunakan untuk kamar berukuran 2 x 2,5 m. Namun dengan ukuran tersebut maka kamar akan terasa lebih sempit. Karena itu sebaiknya kasur busa single ini digunakan pada ruangan yang berukuran 2,44 x 2,74 m agar masih memiliki area kosong untuk lemari atau meja.